Sabtu, 16 Mei 2020

Ini Dia Waktu yang Tepat Ganti Oli Mesin Mobil


Oli Mobil Idemitsu

Tidak sedikit orang yang kebingungan menentukan waktu yang ideal untuk mengganti oli mesin kendaraan mereka. Sebagian beranggapan jika oli mobil harus diganti ketika odometernya menyentuh angka di 5.000 – 10.000. Ada sebagiannya lagi yang mengatakan jika oli harus dilakukan penggantian per 6 bulan sekali. Jadi, Anda perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk ganti ke oli mobil Idemitsu sebagai merek oli terbaik.

Kapan Harus Ganti Oli Mobil?
Perlu Anda ketahui bahwa waktu untuk mengganti oli kendaraan tidak bisa dianggap sepele. Apabila waktunya tiba tapi terus menunda-nunda, tentu saja bisa membuat kualitas oli terus menurun seiring waktu. Imbasnya, mesin mobil akan ikut terpengaruh dan bisa menjadi rusak. Untuk itu, berikut waktu yang tepat untuk penggantian oli mobil, diantaranya :

1.      Ganti Oli Pada Kendaraan Baru
Bagi yang baru membeli mobil terbaru, biasanya Anda disarankan melakukan penggantian oli ketika odometer kendaraan Anda sudah menunjukkan 1.000 km. Selain itu, Anda juga terkadang diminta bengkel resmi agar kembali lagi melakukan penggantian oli setelah odometernya di angka 2.500 km.

Mengingat saat masih baru, biasanya biaya service mobil tidak dibebankan ke pemilik mobil. Jadi wajar jika Anda masih bersemangat membawa mobil Anda ke bengkel untuk penggantian oli. Namun sesudah masa gratis lewat, sering kali Anda mulai malas atau acuh dengan kondisi oli mobil Anda. Padahal tidak peduli berapa pun usia mobil Anda, mengganti oli tepat pada waktunya tetap hrus dilakukan demi menjaga performa mobil.

2.      Menyesuaikan Buku Manual
Saat Anda membeli mobil baru, biasanya akan diberikan manual book. Adapun untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli mobil,  Anda bisa membaca buku manual tersebut.

Namun tidak sedikit pula bengkel yang merekomendasikan penggantian oli tiap 5.000 km dengan pertimbangan beberapa faktor, seperti kemacetan yang terjadi. Saat mobil dalam kondisi yang macet, meskipun jarak tempuhnya sangat rendah namun mesin harus terus berputar, dan kondisi ini justru bisa mengurangi umur pemakaian oli Anda.
Sebagai solusinya, gunakan kilometer dan waktu di catatan service mobil Anda sebagai patokan. Apabila waktu service mobil Anda sudah tercapai, walaupun kilometernya masih belum mencapai 10.000, alangkah baiknya segera mengganti oli kendaraan Anda.

3.      Viskositas atau Kekentalan Oli
Tingkat kekentalan cairan oli yang digunakan pada mobil kesayangan juga bisa menentukan waktu yang tepat untuk mengganti oli. Anda bisa melihatnya dari angka yang terdapat dalam kode SAE dalam kemasannya.

Biasanya angka kode SAE tersebut mengindikasikan tingkat kekentalan cairan oli tersebut. Misalnya untuk kode oli 20W-50, ini artinya oli tak terlalu kental. Karena itu, penggantian oi bisa dilakukan setelah mencapai 3-5 ribu kilometer tergantung dari kondisinya.

Jika sudah saatnya mengganti oli, tidak ada salahnya Anda mencoba oli Idemitsu. Brand Idemitsu sendiri menawarkan banyak pilihan tipe oli menyesuaikan tipe kendaraannya. Dengan memilih oli Idemitsu, maka kinerja mesin mobil Anda bisa kembali prima. Jadi, kini saatnya untuk mengganti oli mobil Anda ke Idemitsu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar