Kamis, 19 Desember 2019

6 Pertolongan Pertama Saat Terkena Diare Sebelum Memutuskan ke Dokter

Minuman Jahe

Saat seseorang terkena diare, fesesnya akan berubah menjadi cair atau lembek dan frekuensi keluarnya cukup tinggi. Terdapat berbagai macam faktor yang menjadi penyebabnya antara lain alergi makanan, terkena infeksi bakteri, salah mengonsumsi obat, mengalami stres berlebih, dan keracunan makanan. Gejalanya pun sangat mengganggu seperti mual, sakit perut, kembung hingga demam. 

6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Diare sebagai Pertolongan Pertama 

Konsumsi minuman jahe
Agar mengurangi gejala yang muncul, maka segeralah konsumsi minuman jahe hangat. Kandungan pada jahe memiliki sifat antibakteri sehingga sangat efektif memerangi dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab diare. Jahe juga dapat mengurangi rasa mual dan perut yang kembung. Dalam sehari, setidaknya minum sebanyak 2 hingga 3 gelas agar cepat sembuh. 

Minum teh chamomile
Pertolongan pertama untuk mengatasi diare adalah dengan mengonsumsi teh chamomile. Kandungan pada teh chamomile dapat membantu memperbaiki kerja usus sehingga dapat kembali optimal. Sebaiknya, konsumsi teh chamomile dalam keadaan hangat-hangat kuku. Dalam sehari, Anda dapat meminumnya sebanyak 2 atau 3 gelas, seperti halnya minuman jahe, atau dapat pula diselang-seling agar tidak bosan. 

Istirahatkan badan
Diare memang cukup mengganggu aktifitas sehari-hari karena Anda pasti merasa sangat tidak nyaman bergerak. Oleh sebab itu, gunakan waktu-waktu tersebut untuk beristirahat dibandingkan memaksa terus beraktifitas. Dengan istirahat yang cukup, maka akan membantu proses penyembuhan agar lebih cepat. Bahkan disarankan untuk istirahat total di rumah dan mengurangi aktifitas yang berat. 

Perbanyak makan pisang, nasi, dan roti 
Agar gejala dapat dikurangi, maka perbanyak memakan makanan yang berserat rendah seperti nasi, roti, dan pisang. Anda dapat memakan semuanya dengan cara diselang-seling atau memilih salah satu saja. Namun, setelah sembuh nantinya Anda harus mulai mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan nutrisi yang didapat dari daging sapi, sayur-sayuran, dan buah-buahan. 

Konsumsi bubur wortel
Salah satu bahan makanan yang membantu memadatkan feses  saat terkena diare adalah wortel. Apabila tidak ingin mengonsumsinya secara langsung, maka Anda dapat mengolahnya menjadi bubur. Caranya sangat mudah yaitu dengan menghaluskan wortel menggunakan blender, dan jangan lupa untuk menambahkan sedikit air. Walaupun tidak ada rasanya, namun paksalah untuk memakannya agar mempercepat proses penyembuhan. 

Minum air putih 
Dari sekian banyak bahan alami yang dapat dijadikan obat diare, tetap jangan melupakan air putih. Saat diare, Anda akan terserang dehidrasi karena banyak cairan dalam tubuh yang dikeluarkan. Oleh sebab itu, perbanyak minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan yang hilang. Namun, sangat tidak disarankan meminum susu dan kopi. 

Biasanya, penderita diare akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu sekitar 3 hari. Namun, apabila gejala terus berlanjut, dan banyak cairan yang keluar maka Anda harus segera memeriksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Selain itu, mengonsumsi obat antibiotik atas keinginan sendiri juga sangat tidak disarankan karena perlu rekomendasi dari dokter agar tidak terjadi hal yang membahayakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar