Jumat, 29 November 2019

Mengenali Faktor Resiko Hipertensi dan Langkah Mudah Mencegahnya

Faktor Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi kesehatan yang sangat umum terjadi pada masyarakat, apalagi mereka yang memiliki gaya hidup tidak sehat, maka akan sangat rentan terkena tekanan darah tinggi. Bahkan bisa jadi sebenarnya hipertensi ini mengindikasikan bahwa Anda tengah terjangkit penyakit yang berbahaya, sebut saja diantaranya adalah penyakit ginjal, tumor pada kelenjar adrenal dan juga kelainan yang terjadi pada pembuluh darah. Sehingga patut untuk diwaspadai.

Sebenarnya ada banyak sekali diantara faktor resiko hipertensi ini yang harus Anda ketahui diantaranya adalah:

1. Usia, faktanya memang semakin bertambahnya usia maka resiko untuk terkena tekanan darah tinggi atau hipertensi ini juga semakin besar. Umumnya pada pria ketika sudah menginjak usia 45 tahun ke atas, sedangkan pada wanita sendiri ketika mereka sudah memasuki usia 65 tahun maka akan semakin rentan terkena penyakit tekanan darah tinggi ini. dipengaruhi juga karena organ-organ tubuh sudah mulai mengalami degenerasi atau kemunduran fungsinya.

2. Genetik, faktor keturunan ini nyatanya juga bisa menyebabkan seseorang mudah terkena tekanan darah tinggi, jika seandainya orang tuanya juga memiliki riwayat penyakit darah tinggi. Jadi berhati-hati dalam menjaga asupan makanan jika sudah memiliki resiko dari genetik ini.

3. Obesitas, kegemukan juga akan membuat seseorang lebih mudah terkena hipertensi, disebabkan karena penumpukan lemak yang ada di dalam tubuh membuat darah bersama dengan sari-sari makanan dan juga oksigen kesulitan dialirkan dalam pembuluh darah. Sehingga jantung nantinya juga akan bekerja keras di dalam memompa darah untuk bisa dialirkan, jadi membuat tekanan darah semakin tinggi.

4. Terlalu banyak mengonsumsi garam, senang mengonsumsi makanan yang asin, hati-hati karena bisa menyebabkan kadar natrium yang ada di dalam tubuh meningkat, sehingga cairan tertahan dan akibatnya membuat tekanan darah juga meningkat, apalagi jika seandainya tidak diimbangi dengan konsumsi makanan tinggi kalium, zat yang dapat menyeimbangkan kadar natrium.

5. Kurang melakukan aktivitas fisik atau olahraga, kurang bergerak juga akan menyebabkan seseorang lebih mudah terkena hipertensi, karena bisa menyebabkan tekanan darah atau denyut jantung nantinya akan berdetak cepat secara tiba-tiba. Bahkan kurang melakukan aktivitas fisik juga akan membuat Anda lebih rentan untuk terkena obesitas dan gangguan kesehatan yang lainnya.

6. Merokok, mereka yang merokok darahnya memang akan lebih kental dibandingkan dengan orang-orang yang tidak merokok, termasuk dengan menyempitnya pembuluh darah akan membuat jantung harus bekerja ekstra di dalam memompa darah, akibatnya tekanan darah juga semakin meningkat.

Jika Anda memiliki beberapa faktor resiko hipertensi tersebut, maka berikut ini diantara beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegahnya, yaitu:

1. Menjaga pola makan, hendaknya batasi asupan makanan yang banyak mengandung garam, kemudian juga makanan berlemak dan ada baiknya untuk memperbanyak jenis makanan yang mengandung kalium.
2. Melakukan olahraga secara teratur, aktivitas fisik ini memiliki peran penting di dalam menjaga berat badan agar tetap ideal, tidak hanya itu ia juga bagus untuk menjaga kesehatan organ kardiovaskuler sehingga bisa terhindar dari tekanan darah tinggi.
3. Istirahat secara teratur, hindari terlalu banyak pekerjaan dan pastikan mendapatkan jam istirahat secara cukup agar terhindar dari stress.
4. Mulai menghentikan kebiasaan merokok dan juga mengonsumsi alkohol.

Menerapkan pola hidup sehat sebenarnya adalah kunci untuk terhindar dari beragam jenis penyakit berbahaya semacam hipertensi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar