Rabu, 17 Juli 2019

Pilih Mana Frame Slider Atau Engine Guard

Frame Slider memang menjadi pilihan banyak penggemar otomotif khususnya roda dua untuk memberikan pengaman ekstra untuk motor kesayangannya. Umumnya frame slider dipakai di motor sport berpairing namun dewasa ini matic sampai naked bike pun juga sudah mulai memasang frame slider ini.

frame slider

at yang belum tahu, frame slider terdiri dari pipa atau plat besi dan jalu slider yang dipasang pada rangka motor. Cirinya, dapat dilihat di bagian depan motor yaitu berupa tonjolan yang terletak disekitar rangka dan mesin. Pada dasarnya frame slider merupakan aksesori yang berfungsi melindungi cover bodi atau fairing bagi jenis motor sport fairing.

Penggunaan frame slider juga mempunyai beberapa manfaat seperti, Membantu motor segera meluncur kearah bahu jalan saat terjatuh pada saat berkendara sehingga mengurangi peluang terjadinnya tabrakan beruntun. Selain itu aksesoris motor satu ini juga bisa melindungi bagian fairing samping maupun bodi motor bagian samping dari lecet maupun pecah ketika motor terjatuh. 

Frame slider juga bisa mengurangi kemungkinan kaki tertimpa bodi motor saat terjatuh kearah samping sehingga dapat meminimaliskan kemungkinan mengalami cedera pada bagian kaki.

Pada penggunaan sehari-hari banyak biker yang memanfaatkan frame slider ini sebagai pijakan kaki saat mulai terasa pegal selama berkendara jauh. Lumayan untuk sekedar meluruskan kaki sejenak tanpa harus berhenti dan dapat terus melanjutkan perjalanan. Selain itu frame slider juga bisa menjadi aksesoris pendongkrak tampilan pada motor kesayangan agar terlihat lebih padat berisi.

Sayangnya aksesoris satu ini juga menyimpang kekurangan. Pemasangan frame slider yang salah bukan hanya mengurangi fungsi dari aksesoris satu ini saja, namun bisa saja malah merusak braket rangka, apa lagi jika sobat salah memasang frame slider pada main frame (rangka utama) pada motor. Karena pada saat terjatuh dan terjadi benturan, maka efek dari benturan tersebut bisa saja diteruskan pada main frame sehingga menyebabkan main frame bengkok. Tentu saja biaya memperbaiki main frame tidak bisa kita katakan murah. 

Namun sebagian orang ada juga yang lebih memilih memakai engine guard untuk memberikan proteksi lebih pada motornya, lalu apa itu engine guard. Sebuah aksesoris yang dipasang dibawah atau didepan mesin untuk melindungi mesin saat terjadi kecelakaan atau jatuh saat bekendara, Tapi ada juga engine guard yang didesain menonjol keluar, jadi juga dapat melindungi body motor layaknya frame slider. Memang engine guard terlihat lebih kokoh, karena menggunakan pipa yang ukurannya bisa dibilang besar dan kekar. 

Penggunaan aksesori berupa engine guard ini memang banyak dilakukan bikers dalam rangka melindungi mesin dan bodi samping motornya dari benturan saat terjadi crash atau kecelakaan. Jadi saat motor terjatuh ataupun ketika terjadi tabrakan, mesin bakal lebih aman.

Selain itu penggunaan engine guard, bisa menambah mantap dari segi tampilan dan segi fungsional, motor kamu akan terlihat lebih unik dan terkesan retro. Kemudian, untuk proteksi tentu makin maksimal.

Tapi ternyata, penggunaan engine guard ini ada dampak negatifnya. Jadi engine guard ini ternyata membuat kemampuan aerodinamika motor berkurang. Kemudian ternyata kabarnya dapat menyebabkan handling motor kurang stabil. 

Jadi motor menjadi tidak atau kurang stabil ini dirasakan umunya ketika motor dipacu dalam kecepatan tinggi. Biang keroknya adalah lantaran aliran angin terhalang oleh lebar dari aksesori engine guard tersebut. Jadi motor bisa oleng dikit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar