Jumat, 19 Juli 2019

Perhatikan Ini Sebelum Kredit Mobil Toyota

Di Indonesia salah satu pabrikan otomotif yang paling popular adalah Toyota. Tak heran jika banyak masyarakat yang ingin untuk kredit mobil Toyota, baik itu jenis SUV, MPV, ataupun LGCG sekalipun. Memang beragam aktifitas di luar rumah akan lebih nyaman dan mudah apabila mempunyai mobil, apalagi tuntutan mobilitas tinggi pada pekerjaan mengahruskan terus berpindah tempat dengan waktu singkat.

kredit mobil Toyota

Namun membeli mobil dengan cara kredit tanpa pertimbangan yang tepat bisa berakibat fatal pada keuangan. Seringkali seseorang justru mengalami kesulitan keuangan setelah melakukan pembelian sebuah mobil, terutama mereka yang melakukannya secara kredit dan harus memenuhi cicilan bulanan yang jumlahnya cukup besar.

Cicilan inilah yang kemudian sering membawa masalah dan beragam kesulitan keuangan di hari yang akan datang, di mana pada umumnya cicilan ini akan berlangsung selama kurun waktu 3-5 tahun, cukup memberatkan bila ternyata tidak dilakukan perhitungan matang sebelum mengambilnya.

Kebanyakan masyarakat terkesan memaksakan diri mengajukan kredit mobil tanpa menghitung kemampuan finansialnya terlebih dahulu. Seringkali ini yang menyebabkan banyaknya kredit macet dan menagkibatkan mobil ditarik oleh leasing, sangat disayangkan bila hal itu terjadi, padahal sudah mengeluarkan dana yng cukup banyak untuk membayar uang muka.

Nah untuk menghindari hal sedemikian terjadi, yuk simak artikel berikut ini yang menjabarkan 5 hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan membeli mobil dengan cara kredit.

1. Pertimbangkan Kebutuhan
Hal paling utama yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu adalah kebutuhan mobil itu sendiri, apakah membeli mobil sudah tidak bisa ditunda lagi, atau masih bisa di tuunda dulu.

Pastikan Anda tidak membeli sesuatu yang tidak begitu perlu, hal ini juga berlaku pada mobil yang akan Anda beli nanti. Pertimbangkan dengan matang hal ini, agar Anda tidak menyesal dan membeli mobil hanya sebagai sebuah pajangan saja di garasi Anda tanpa pernah digunakan secara maksimal.

2. Jenis Mobil
Hal selanjutnya yang harus dipertimbangkan adalah jenis moil yang akan dibeli. Tak ada salahnya memilih jenis mobil yang murah, karena walaupun terbilang murah mobil juga akan menghabiskan uang hingga ratusan juta rupiah.

Kalian bisa membeli mobil baru dengan jenis city car yang terjangkau untuk mengurangi budget, namun jangan salah mobil murah jaman sekarang juga tak kalah modern dan mewah atau kalo kalian punya keahlian dalam otomotif kalian bisa membeli mobil bekas. Saat kalian membeli mobil bekas kalian akan dituntut untuk memiliki keahlian khusus untuk melihat kondisi dan keadaan mobil tersebut agar tidak membeli mobil bekas dalam kondisi yang buruk dan beresiko menghabiskan banyak dana dalam perawatannya kelak.

3. Sesuaikan Dengan Kemampuan Financial
Nah ini yang paling penting difikirkan matang sebelum memutuskan membeli mobil dengan cara kredit. Idealnya cicilan hanya menggunakan 30% dari pendapatan kalian. 

Saat akan membeli sebuah mobil, maka berbagai macam hutang atau cicilan lainnya juga patut untuk Anda pertimbangkan. Misalnya cicilan Kredit Kepemilikan Rumah, bila ternyata hingga saat ini Anda masih memiliki cicilan KPR maka ada baiknya menunda pembelian mobil tersebut hingga KPR tersebut selesai.

Menyesuaikan dengan kondisi keuangan Anda merupakan hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan, terutama bagi Anda yang telah memiliki tanggungan anak dalam usia sekolah, yang mana hal tersebut akan membutuhkan banyak sekali biaya. Bila ternyata Anda tidak memiliki sejumlah dana atau tabungan yang khusus untuk sekolah anak, maka ada baiknya Anda menunda untuk membeli mobil di saat ini.

Itulah beberapa hal yang wajib dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum memtuskan membeli mobil dengan cara kredit. Pastikan keinginan kalian untuk mempunyai mobil tidak mengganggu keperluan yang lain terutama pendidikan anak. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar