Rabu, 24 Juli 2019

Efektivitas Iklan dalam Membangun Merk Dagang

brand development


Untuk membuat sebuah brand development dibutuhkan banyak kerja keras yang harus diselingi dengan doa dan juga relasi yang banyak. Relasi berperan penting pada setiap proses pengembangan merek dagang yang akan mulai dikomersilkan. Dengan banyak relasi akan makin mudah pula suatu brand untuk di kenal oleh masyarakat luas. Brand – brand yang telah lama berkecimpung dalam pasar tanah air tentu memiliki relasi yang tidak sedikit jumlahnya. Relasi – relasi tersebut yang nantinya akan turut membantu menyebarluaskan sebuah brand agar dapat dikenal oleh masyarakat. Brand – brand terbaik dan berkualitas akan tersebar memalui mulut – mulut relasi dan diteruskan hingga mencapai banyak lapisan masyarakat.

Dalam membangun sebuah brand dibutuhkan beberapa trik yang dapat membantu proses pengenalan brand tersebut pada masyarakat. Salah satu cara yang paling sering dilakukan adalah dengan  cara melakukan pengiklanan. Pengiklanan adalah proses untuk menyebar luaskan suatu produk yang dikemas dengan menarik dan unik supaya bisa menarik perhatian masyarakat. Iklan sangat penting dilakukan pada masa sekarang ini. Dengan iklan brand – brand akan lebih mudah dikenali. Pengiklanan pada masa sekarang ini telah banyak jenisnya. Tidak hanya terbatas pada pengiklanan konvensional, pengiklanan sekarang telah berkembang pada cara yang lebih modern dan kreatif. Cara – cara pengiklanan yang biasanya hanya ditayangkan di tv sekarang dapat ditayangkan di media – media sosial yang sedang hangat diperbincangkan. Selain media sosial mengikuti event – event juga membuat sebuah brand menjadi lebih dikenal masyarakat.

Event atau acara – acara tertentu membuat sebuah produk dari suatu brand akan mudah dikenali oleh masyarakat. Dengan membuka stand yang unik diselingi oleh dekorasi yang kreatif akan membuat stand dari suatu brand akan dikunjungi orang – orang. Pengiklanan dengan cara ini terbukti cukup ampuh untuk menarik perhatian masyarakat. Efektivitas suatu iklan dalam membangun suatu brand memang telah terbukti. Pengiklanan terhadap suatu brand membuat banyak kesempatan pada masyrakat untuk mengetahui produk tersebut. Pengiklanan pada masa sekarang ini telah banyak yang menggunakan metode terbaru. Metode – metode pengiklanan secara kreatif dan unik akan semakin meningkatkan efektivitas dari iklan tersebut. Terdapat beberapa alasan mengapa suatu iklan meningkatkan efektivitas suatu brand. Alasan – alasan tersebut antara lain :

1.    Iklan membuat visualisasi suatu produk lebih jelas
Pengiklanan sering kali menampilkan suatu produk dari segi – segi tertentu. Iklan akan menampilkan visualisasi produk secara lengkap. Kelebihan dari produk – produk tersebut, cara penggunaan hingga bagaimana cara merawat produk yang diiklankan. Masyarakat akan lebih jelas memahami suatu produk yang dijual hanya dengan melihat iklan. Masyarakat tidak perlu lagi menanyakan tentang barang tersebut pada sales marketing atau staff yang bertanggung jawab pada penjualan dan barang. Hal tersebut tentu lebih efektif karena masyarakat akan mengetahui secara detail produk tersebut melalui iklan

2.    Mangsa pasar lebih luas
Pada pengiklanan jalur konvensional biasanya hanya terdapat di televisi – televisi dan radio saja. Pada masa sekarang ini televisi dan radio sudah tidak lagi seramai seperti zaman dulu. Pengiklanan zaman sekarang telah beralih pada penggunaan media sosial. Facebook, twitter, Instagram dan youtube. Media sosial tersebut menjangkau hampir semua kalangan. Tua , muda dan anak – anak menggunakan media sosial. Dengan melakukan pengiklanan di media sosial produk dari suatu brand akan banyak dikenal oleh masyarakat dari semua kalangan. Jaringan informasi pada media sosial juga makin besar. Kecepatan penyebaran informasi sudah tidak perlu lagi diragukan.

3.    Lebih hemat dan cepat
Pada pengiklanan melalui media sosial. Pengembangan suatu brand bisa dengan mudah dipantau. Pengiklanan menggunakan media sosial tidak membutuhkan banyak biaya.Biaya yang dikeluarkan juga sangat minim. Para produsen tidak perlu lagi mengeluarkan biaya lebih untuk sales marketing mereka. Biaya yang dikeluarkan untuk marketing dapat digunakan untuk kebutuhan produksi lain. Kecepatan pengiklanan dengan menggunakan media sosial ini telah terbukti. Jaringan informasi dan proses penyebaran nya yang sangat cepat membuat keefektivan dari iklan ini telah terbukti. Pengiklanan yang efektif akan membuat sebuah produk lebih mudah di kenal oleh masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar