Senin, 18 Maret 2019

Perbedaan Sakit Perut Kanan Bawah Karena Usus Buntu dan Batu Ginjal

Sakit perut memang merupakan salah satu keluhan yang paling sering terjadi. Namun setidaknya ada 2 jenis sakit perut yang perlu Anda perhatikan yaitu sakit perut akut dan kronis. Kedua jenis sakit perut tersebut tentunya disebabkan oleh beberapa faktor tertentu yang berbeda-beda. Nah berikut cara membedakan sakit perut kanan bawah akibat gas, usus buntu, dan batu ginjal.  

Sakit Perut Kanan Bawah

Sakit Perut yang Disebabkan Karena Penumpukan Gas
Jenis sakit perut kanan bawah merupakan gangguan yang paling umum terjadi. Hal yang satu ini disebabkan karena penumpukan gas pada saluran pencernaan. Penumpukan gas ini terjadi akibat bakteri dalam usus bereaksi dengan karbohidrat yang tidak tercerna dengan baik hingga mencapai usus besar. Masalah yang satu ini juga bisa disebabkan karena beberapa faktor. 

Penyebab penumpukan gas pada saluran pencernaan antara lain seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan serat tinggi, terlalu banyak menelan udara, intoleransi terhadap jenis makanan tertentu, kelebihan gas, dan berbagai kondisi kesehatan lainnya seperti diverticulosis, sembelit diabetes dan lain sebagainya. 

Beberapa indikasi gejala yang menandakan bahwa Anda menderita penumpukan gas antara lain seperti buang gas secara terus menerus, rasa sakit yang tajam pada perut bagian kanan bawah, rasa melilit pada perut, hingga perut kembung dan terasa kencang. Gejala gangguan yang satu ini sering sekali disalahartikan dengan gangguan batu empedu, serangan jantung, hingga radang usus buntu. 

Sakit Perut yang Diakibatkan Karena Batu Ginjal
Jika Anda menderita penyakit batu ginjal, gejala yang paling umum terjadi dan akan Anda rasakan adalah seperti sakit pada bagian samping dan belakang perut terlebih lagi pada bagian bawah tulang rusuk, rasa nyeri pada bagian perut hingga selangkangan, hingga rasa sakit yang timbul ketika buang air kecil. Bahkan intensitas rasa sakitnya bergelombang dan cenderung parah. 

Namun dalam kasus yang lebih parah, masalah batu ginjal ini bisa menyebabkan penderitanya mengalami rasa nyeri yang hebat. Bahkan terkadang ketika buang air kecil, urine akan berubah warna menjadi merah mudah hingga cokelat. Air kencing tersebut juga memiliki bau tak sedap dan penderitanya selalu ingin buang air kecil padahal jumlah urine yang dihasilkan sangat sedikit.

Sakit Perut yang Disebabkan Karena Usus Buntu
Usus buntu merupakan peradangan yang terjadi pada bagian perpanjangan dari usus besar. Gangguan yang satu ini merupakan salah satu penyakit serius yang harus segera ditangani oleh dokter. Pasalnya jika tidak segera ditangani, masalah yang satu ini akan mengalami infeksi dan dapat pecah sehingga menyebabkan infeksi pada bagian perut yang lainnya. 

Itulah beberapa cara mudah membedakan sakit perut kanan bawah yang disebabkan karena penumpukan gas, batu ginjal, hingga radang usus buntu. Pada umumnya rasa nyeri yang ditimbulkan dari ketiga penyakit tersebut hampir sama. Jika Anda merasa kesulitan saat membedakannya maka segeralah periksa ke dokter. 

1 komentar: