Jumat, 27 April 2018

Bayar BPJS Online Kini Sudah Tersedia, Tak Ada Lagi Alasan Terlambat Iuran BPJS



Gambar BPJS
Kesehatan memang hal yang amat penting dan bisa jadi investasi untuk masa depan yang lebih baik. Apalah artinya banyak materi namun kesehatan bermasalah sehingga kini banyak sekali kampanye untuk kembali menjalani hidup yang sehat. Cara lain untuk berjaga-jaga kesehatan adalah dengan ikut asuransi kesehatan. Tentu Anda sudah paham benar bahwa biaya jika Anda sakit tidaklah sedikit. Tak usah pusing karena kini sudah ada BPJS Kesehatan yang merupakan asuransi rakyat. Bayar BPJS online di situs belanja online pun kini sudah bisa sehingga semua prosesnya kian mudah.

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan asuransi kesehatan BPJS ini. Ya, BPJS merupakan program dari pemerintah untuk bisa meningkatkan kesehatan masyarakat dengan cara memberikan kemudahan dalam perawatan. Sistemnya gotong royong dimana yang sehat membantu yang sakit. Dengan sistem ini, maka pemerintah pun sudah menetapkan aturan dimana di tahun 2019 semua keluarga sudah wajib untuk terdaftar di BPJS kesehatan dan jika tidak, maka akan ada sanksi. Tak heran jika kini semua orang sudah berbondong-bondong untuk bisa mendaftarkan diri di BPJS Kesehatan.

Karena sistemnya adalah gotong royong, maka peserta BPJS Kesehatan juga wajib membayar setiap bulannya. Ada 3 kelas dengan masing-masing biaya yang harus dibayarkan. Bahkan untuk memudahkan pembayaran, kini sudah bisa bayar BPJS online di situs belanja online. Meski demikian, ternyata masih banyak juga peserta yang belum menyadari pentingnya membayar BPJS secara tepat waktu. Hal ini lantaran dana peserta itulah yang bisa menjadi dana demi bisa biayai layanan kesehatan masyarakat seluruhnya sehingga jika banyak peserta terlambat, maka pelayanan kesehatan akan kurang maksimal.

Sebetulnya sudah ada aturan jelas terkait keterlambatan pembayaran iuran BPJS ini. Namun untuk lebih mengetahui secara mendalam, maka berikut ini beberapa hal yang harus Anda ketahui jika terlambat membayar iuran BPJS:

  • Pertama adalah tentang aturan dimana untuk setiap peserta yang terlambat untuk membayar iuran, maka akan terkena denda yakni sebesar 2% dari total iuran BPJS yang harus dibayarkan.
  • Jika Anda sudah terlambat membayar iuran BPJS sampai 3 bulan, maka BPJS nantinya akan memblokir secara otomatis kartu BPJS peserta BPJS tersebut sehingga peserta itu tidak akan bisa dapatkan layanan kesehatan sampai waktu dirinya melunasinya.
  • Perlu Anda tahu juga jika pemblokiran ini tidak serta merta dilakukan, namun BPJS akan memberitahu melalui surat lebih dahulu ke peserta BPJS sehingga peserta akan tahu jumlah tunggakan dan juga konsekuensi pemblokirannya.
  • Dalam masa tunggakan 3 bulan, kartu BPJS sebetulnya masih bisa dipakai dan akan mulai diblokir atau tidak bisa digunakan lagi jika sudah masuk ke bulan keempat pada hari yang pertama secara otomatis sudah tak bisa dipakai lagi. Jika sudah demikian, maka kartu tidak akan aktif sampai peserta membayar lunas seluruhnya.
  • Perlu diluruskan juga, jika ingin membayar blokiran BPJS ini maka hanya butuh membayarnya dengan sistem biasa dan tanpa harus ke kantor BPJS dengan membawa berbagai macam dokumen.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui peserta BPJS terkait aturan tentang keterlambatan iuran. Dengan demikian tidak akan ada simpang siur informasi lagi yang beredar. Jika Anda kesulitan membayar karena antri atau tak ada waktu, maka bayar BPJS online saja sehingga lebih mudah dan simpel. Dengan begini tak ada alasan untuk terlambat iuran lagi bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar